Description:
Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa untuk dapat melakukan analisis dan sintesis secara cermat dan tepat. Mahasiswa diajak mengidentifikasi kasus mental retardation dan behavioral & emotional disorders secara cermat dan tepat melalui telaah jurnal penelitian yang mendukung. Selanjutnya, langkah penanganan kasus juga harus mampu dirancangkan secara tepat dengan didasarkan pada etiologi kasus, simptom-simptom klinis yang menonjol, dan diferensiasinya dengan diagnosis klinis yang lain.
Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa untuk dapat melakukan analisis dan sintesis secara cermat dan tepat. Mahasiswa diajak mengidentifikasi kasus mental retardation dan behavioral & emotional disorders secara cermat dan tepat melalui telaah jurnal penelitian yang mendukung. Selanjutnya, langkah penanganan kasus juga harus mampu dirancangkan secara tepat dengan didasarkan pada etiologi kasus, simptom-simptom klinis yang menonjol, dan diferensiasinya dengan diagnosis klinis yang lain.
Objectives:
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan analisis dan sintesis terhadap gangguan klinis yang terjadi pada masa anak dan remaja.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan analisis dan sintesis terhadap gangguan klinis yang terjadi pada masa anak dan remaja.
Assessment:
Presentasi 30%, Tugas 65%, Soft Skills 5%
Presentasi 30%, Tugas 65%, Soft Skills 5%
Resources:
1. Ollendick, T.H. & Prinz, R.J. (1997). Advances in clinical child psychology, Volume 19. New York: Plenum Press.
2. Ollendick, T.H. & Schroeder, C.S. (2003). Encyclopedia of clinical child and pediatric psychology. New York: Plenum Publishers.
3. Schaefer, C.E. & Millman, H.L. (1994). How to help children with common problems. New York: Jason Aronson.
4. Carr, A. (1999). The Handbook of Child and Clinical Psychology. New York: Routledge.
1. Ollendick, T.H. & Prinz, R.J. (1997). Advances in clinical child psychology, Volume 19. New York: Plenum Press.
2. Ollendick, T.H. & Schroeder, C.S. (2003). Encyclopedia of clinical child and pediatric psychology. New York: Plenum Publishers.
3. Schaefer, C.E. & Millman, H.L. (1994). How to help children with common problems. New York: Jason Aronson.
4. Carr, A. (1999). The Handbook of Child and Clinical Psychology. New York: Routledge.
Other information:
Beban Studi: 2 SKS.
Kategori: Pilihan (Matakuliah Penunjang Desertasi).
Kompetensi: Knowledge Base of Psychology Competence, Critical Thinking and Application of Psychology Competence.
Atribut Soft Skills: Keterampilan belajar, berpikir kritis.
Beban Studi: 2 SKS.
Kategori: Pilihan (Matakuliah Penunjang Desertasi).
Kompetensi: Knowledge Base of Psychology Competence, Critical Thinking and Application of Psychology Competence.
Atribut Soft Skills: Keterampilan belajar, berpikir kritis.
Learning method:
Kuliah, diskusi, tugas, presentasi.
Kuliah, diskusi, tugas, presentasi.