Description:
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mampu merancang strategi belajar mengajar yang diharapkan untuk keberhasilan dalam proses belajar mengajar,.Agar supaya capaian pembelajaran berhasil, perkuliahan akan dilaksanakan dengan menekankan pentingnya memperhatikan criteria-creteria bahan kajian dalam strategi belajar mengajar.
Objectives:
Mampu menggunakan metode-metode belajar mengajar melalui penyusunan strategi yang bermanfaat demi keberhasilan yang ingin dicapai dalam proses belajar mengajar
1. Mampu menguraikan konsep, hakikat, ciri-ciri serta komponen-komponen dalam strategi belajar mengajar
2. Mampu menentukan pendekatan serta pemilihan dan penentuan metode dalam pengajaran.
3. Mampu menetapkan media sumber belajar serta keberhasilan
dalam proses belajar mengajar.
4. Mampu mengembangkan variasi mengajar serta keberhasilan pengelolahan kelas.
Assessment:
Tugas: 60%, Presentasi: 30%, Participation: 10%
Topics:
1. Konsep, Hakikat, Ciri dan Komponen
2. Berbagai Pendekatan dalam Belajar Mengajar
3. Kedudukan Pemilihan dan Penentuan Metode
4. Keberhasilan Belajar Mengajar
5. Media Sumber Belajar dlm proses belajar mengajar
6. Pengembangan variasi mengajar dan pengelolahan kelas
Resources:
1. Crawford, Alan ; dkk (2005) Teaching and Learning Strategies for The Thinking Classroom. New York. The International Debate Education Asso.
2. Fry, Heather: dkk. (2009)A Handbook for Teaching and Learning in Higher Education. (3ed) New York. Routhedge Press.
3. Whitton, Diana (2015). Teaching and Learning Strategies. Victoria, Australia: Cambrige University Press.
Other information:
Beban Studi: 2 SKS
Learning method:
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Tugas
4. Presentasi